Friday 31 May 2013

Ditemukan Perhiasan Dari Luar Angkasa

Bila perhiasan terbuat dari emas atau perak mungkin sudah umum, namun bagaimana bila perhiasan terbuat dari ukiran meteorit. Baru-baru ini peneliti menemukan perhiasan mesir kuno yang terbuat dari batu luar angkasa.

Dilansir Newscientist, Kamis (30/5/2013), sebuah kalung manik berusia 5.300 tahun ditemukan di sebuah makam mesir. Kabarnya, kalung manik kuno ini dibuat dengan besi dari sebongkah meteroit. Penanggalan karbon menunjukkan bahwa terdapat peleburan besi yang terjadi di abad ke-6. 

Arkeolog telah menemukan artefak besi yang jauh lebih tua di wilayah Mesir, termasuk yang berada dalam makam Tutankhamun. Diane Johnson dari Open University mengatakan, beberapa artefak menunjukkan makam dengan status ekslusif yang tinggi.

Johnson dan timnya menemukan manik-manik lainnya dan menyimpulkan bahwa memang benda bersejarah tersebut merupakan meteorit. Permukaan manik memiliki tingkat rendah nikel, namun tingkat yang berada di dalamnya menunjukkan meteorit asli.

Bukti dari struktur kristal khas, yang dikenal sebagai pola Widmanstatten, hanya terbentuk ketika besi dan nikel mendingin dengan sangat lambat. Meenakshi Wadhwa di Arizona State University meyakinkan bahwa temuan perhiasan ini berasal dari batu luar angkasa.





sumber

Terkait

Description: Ditemukan Perhiasan Dari Luar Angkasa Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Ditemukan Perhiasan Dari Luar Angkasa
Al
Mbah Qopet Updated at: 07:01

0 comments:

Post a Comment